Selasa, 14 Juni 2011

Berkemah :Berlatih , Bermain dan Gembira


Berkemah adalah wahana berlatih, bermain dan gembira. Berada di luar rumah nun jauh letaknya dengan asegala keterbatasan yang ada, memberikan sensasi, kemandirian dan tantangan. Beatapa tidak, pramuka, peserta kemah dituntuk mandiri memenej dirinya , membantu dirinya, serta memenuhi kebutuhan dirinya, baik secara grup maupun individu.

Secara grup, kemandirian dituntut untuk tumbuh dalam menyelesaikan tugas- tugas kreatif dari panitia kemah, tidak boleh bekerjasama dengan grup lain. Krteatifitas grup diuji dan dibangun lewat kerjasama yang baik dengan pembagian tuigas masing- masing. Dari sinipun akan muncul siapa yang memiliki talenta menjadi pemimpin. Siapa yang berinisiatif pertama dan memiliki kemampuan komunikasi untuk menyampaikan gagasan serta idenya. Demikian juga pembagian tugas harian kelompok. Siapa yang memasak, mengikuti kegiatan A dan siapa saja yang ikut kegiatan B, dan seterusnya.

Secara individu, kebutuhan akan personal akan makan, minum mandi, merawat diri harus ditata sendiri. Bagaimana menjaga fisik selama kegiatan kemah, harus diri sendiri yang bisa mengatur. Jauh dari orang tua dan keluarga menumbuhkan kerinduan dan kerinduan terhadap mereka. Kalau selama ini kita saat bersama keluarga sering bertengkar dengan saudara, membantah orang tua, mengabaikan nasehatnya, namun kala jauh dari mereka , perasaan akan rindu untuk bercengkrama kembali tumbuh subur. Ternyata kita mencintai mereka karena mereka juga menyayangi kita.

Kegiatan kemah yang dikemas dalam kegiatan yang menarik lewat nyanyian gembira yang mengandung pendidikan, permainan yang mendidik, membawa kita bahagia dalam kebersamaan berlatih.

1 komentar:

  1. alfian anwar ( XII-O1)6 September 2011 pukul 22.53

    sir, its picture is not good
    should be given a picture of me just let me look good, hohho

    just kidding sir :)

    BalasHapus